Budget 7 Juta, Fuji X-A2 Atau Sony A6000 ?

sony a6000

@ynrdi

Dunia fotografi tak pernah berhenti berinovasi baik dari segi teknologi maupun dari teknik fotografi itu sendiri. Terbukti pada saat ini fotografi menjadi hobi dikalangan lintas generasi tanpa memandang status sosial. Hal ini terjadi tentu karena fotografi memang memiliki kedudukan yang penting bagi setiap individu maupun kelompok. Momen penting adalah alasan utama bagi setiap orang untuk dapat mengabadikan sebagai bagian dari bukti sejarah di masa depan. Namun dalam hal ini saya tidak membahas tentang teknik fotografi secara menyeluruh tetapi hanya membahas alat fotografi saja.

Hal utama yang harus dimiliki setiap orang yang akan mengambil foto selain menguasai teknik fotografi adalah alat foto atau kamera. Spesifikasi kamera juga akan mempengaruhi hasil foto diantaranya kemampuan pencahayaan, jumlah titik fokus, dan sebagainya diluar teknik fotografi.

Sesuai judul artikel ini, kita akan sama-sama membahas prioritas kamera yang akan dibeli jika memiliki budget 7 jutaan. Jika kita diberi dua pilihan antara Fuji X-A2 atau Sony A6000 manakah yang akan Anda beli?  Cekidot.

Keduanya adalah kamera jenis mirrorles (Non DSLR) yang diproduksi pada tahun 2015 untuk Fuji X-A2 dan pada tahun 2014 untuk Sony A6000. Kita akan membahas inti dari perbedaan kedua kamera yang menurut beberapa ahli fotografi penting untuk dipertimbangkan.

SENSOR

Hal ini adalah satu dari beberapa hal terpenting dalam memilih kamera baik jenis Mirrorless maupun DSLR. Untuk kamera yang sedang kita bahas, keduanya dibekali dengan sensos APS-C  CMOS Sensor namun untuk Sony A6000 memiliki resolusi 24 Megapixel sedangkan Fuji X-A2 hanya memiliki resolusi 16 Megapixel. Rekomendasi dalam kategori ini Sony A6000 lebih unggul.

FOCUS POINT (TITIK FOKUS)

Titik fokus bagi sebuah kamera sangat penting untuk mengambil gambar lebih detail. Jumlah titik fokus dalam setiap kamera bisa saja dikatakan sebagai simbol kemampuan kamera itu sendiri. Fuji X-A2 bekali dengan kemampuan titik fokus sebanyak 49 titik fokus sedangkan untuk Sony A6000 dilengkapi kemampuan sebanyak 179 titik fokus. Fuji X-A2 terpaut sebanyak 130 titik fokus dari Sony A6000. Rekomendasi dalam kategori ini Sony A6000 lebih unggul.

ELECTRICAL VIEW FINDER

Viewfinder adalah bagian dari kamera yang difungsikan sebagai peninjau objek pra-pemotretan. Jika kita membahas kamera DSLR tentu tidak bisa lepas dari fungsi dan keberadaan Viewfinder . Namun sedikit awam jika berbicara viewfinder di ranah mirrorless. Pada awal munculnya kamera jenis mirorrless masih jarang mirrorles yang dibekali dengan viewfinder. Nah, untuk kedua kamera yang sedang kita kupas Sony A6000 adalah termasuk mirorrless yang dibekali dengan Electrical View Finder namun tidak dengan Fuji X-A2. Rekomendasi dalam kategori ini Sony A6000 lebih unggul.

NFC CONNECTION

Berbicara sebuah kamera digital tentu tidak bisa lepas dari transfer data baik berupa file JPG maupun RAW. Terobosan terbaru di dunia fotografi adalah hadirnya fitur transfer data wireless yang sangat memudahkan user ketika mengirim gambar ke gadget lain. Lagi-lagi dalam fitur ini keduanya memiliki perbedaan dimana Sony A6000 sudah dibekali dengan fitur NFC Connection sedangkan Fuji X-A2 belum. Akan tetapi untuk Fuji X-A2 dilengkapi dengan Smartphone Remote Control atau kendali dengan Smartphone. Rekomendasi dalam kategori ini Sony A6000 lebih unggul atau tergantung kebutuhan pengguna.

ISO

Sebagian ahli fotografi mengatakan bahwa penggunaan ISO yang terlalu tinggi justru akan semakin menambah noise dan akan memperburuk kualitas gambar. Namun apa salahnya jika kamera kita dibekali dengan kemaampuan ISO yang lebih tinggi karena sewaktu-waktu kita diposisikan  pada tempat yang minim cahaya. Untuk Sony A6000 dibekali kemampuan ISO sebesar 100 – 25600 (Expand to 51200) sedangkan untuk Fuji X-A2  200 – 6400 ( expands to 100-25600). Rekomendasi dalam kategori ini Sony A6000 lebih unggul atau tergantung kebutuhan pengguna.

SELFIE FRIENDLY LCD

Pengambilan swafoto menjadi bagian dari teknik fotografi yang sering dilakukan oleh banyak user. Oleh karena itu user banyak mempertimbangkan fitur yang bisa digunakan untuk selfie. Ada beberapa kamera baik mirorrless maupun DSLR yang dilengkapi dengan Flip LCD. Pada kamera yang sedang kita bahas keduanya sudah mendukung Tilting LCD Screen namun untuk Sony A6000 belum dapat digunakan untuk selfie karena LCD belum bisa diputar sampai atas seperti Fuji x-A2. Rekomendasi dalam kategori ini Fuji X-A2

Beberapa fitur yang dibahas diatas adalah fitur yang menurut banyak pengguna penting untuk dipertimbangkan sebelum membeli sebuah kamera. Untuk perbedaan kedua kamera selain yang disebutkan diatas relatif sama dan tidak begitu urgen untuk dipertimbangkan seperti dimensi, kekuatan baterai dan lain lain. Dari beberapa hal yang diulas diatas semoga anda dapat menyimpulkan rekomendasi dan tentunya disesuaikan dengan kebutuhan Anda selaku user. Semoga bermanfaat.

Yanuar Dwi Istanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *