Apa itu SSL ?
SSL atau Secure Socket Layer adalah teknologi keamanan standar bagi sebuah website untuk membangun link yang di enkripsi antara server dan user. Singkatnya bahwa SSL (Secure Socket Layer ini adalah pengaman hubungan antara web browser dengan server, email client dengan email server dan seterusnya silakan cari sendiri..weka weka weka

Lalu bagaimana cara mendapatkan SSL ?
Ada banyak cara untuk mendapatkan sertifikat SSL apalagi jika kita mau membayarnya..(Ya iyalah klo bayar mah semua dapet)…
Cus..!!! Kali ini kita nggak lagi bahas yang bayar-bayar, kita coba yang gratisan, mau simpan uang biar cepet kaya..trus klo kaya mau ngapain??? Apakah ini pertayaan paradoks? Sori gan Gw lagi males bahas tentang paradoks !!!

SSL Gratisan apakah baik untuk keamanan sebuah website?
Tergantung websitenya Gan, klo website ente mengelola uang trilliunan ya saran gw jangan pake SSL gratisan lah. Itu sama aja Lo jualan emas pake tenda ponco..weka weka weka.
Eits.. tapi klo untuk website standar kaya punya gw ini ya boleh lah. He he he.

Darimana bisa dapet SSL Gratisan?
Ada beberapa juga gan penyedia SSL gratisan, namun kali ini gw mau bahas SSL gratisan dari Cloudflare. Kebetulan ane juga memakai SSL dari penyedia ini. Habis belanja belanja masalah (Masalah emang ada dijual yak?) iYE kali….masksudnya habis baca-baca di internet ternyata ada juga SSL gratisan yang cukup digemari sama anak-anak blogger..hehe..(gratisan mah emak-emak juga nimbrung).

Cus Menuju Cloudflarre !!!
Langsung aja nih kita mendarat di web Cloudflare KLIK DISINI.
Trus apayang mesti pertama dilakukan? Ucapkan Salam..!!! kan mau gratisan?..weka weka weka (Ketahuan ngga punya duit).

Langkah pertama adalah melakukan registrasi dan verifikasi email.
Setelah selesai registrasi dan email sudah terverifikasi, kemudian masukan website kamu di halaman Add Website dan setelahnya silakan klik “Scan DNS Record”

Setelah proses scan selesai, langkah selanjutnya adalah merubah name server di dashboard registrar domain. (Gambar dibawah ini sebagai contoh). Tunggu sampai 1 X 24 jam hingga proses pergantian name server selesai (akan diberitahu melalui email oleh Cloudflare).

Nah, setelah pergantian name server selesai. Langkah terakhir adalah mendapatkan SSL gratis. Caranya klik “Crypto” di dashboard Cloudflare, tepatnya posisi diatas bentuknya kotak-kotak warna biru (Sehingga nggak mirip tahu)..weka weka weka.

Langkah sudah selesai, hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah menunggu Approval dari Cloudflare sampai maksimal 24 jam. Tanda sertifikat sudah approve yakni muncul kata “ Active Certivicate” di kolom kanan.
Nah begitulah langkah-langkah mendapatkan SSL gratisan yang cukup bagus untuk keamanan website agan agan semuanye. Semoga tulisan uni bermanfaat untuk proses belajar mengajar di Sekolah TK….Amin