Computer Mediated Communication

compouter mediated communication

@ynrdi

CMC  ( Computer Mediated Communication ) sebagai teknologi yang saat ini sudah terintegrasi dengan kehidupan manusia memberikan dampak positif bagi berlangsungnya proses sosialisasi dilingkungan individu maupun kelompok.  Target keilmuan Computer Mediated Communication adalah tentang bagaimana kebiasaan / sikap manusia (human behavior) terhadap pesatnya perkembangan teknologi komunikasi.

Dalam perkembangan keilmuannya, Computer Mediated Communication tidak dapat dipisahkan dari distorsi terhadap kehidupan manusia sehari-hari.  Hal demikianlah yang menjadi prasyarat bagi kita untuk mempelajari keduanya sebelum mampu terintegrasi dengan teknologi komunikasi dengan sebaik-baiknya. Wood & Smith (2005) dalam bukunya Online Communication mengidentifikasikan bahwa sejauh ini CMC mempelajari tentang human behavior yang terjadi dalam komunikasi via mesin, dalam hal ini internet.

Identifikasi yang dilakukan Wood & Smith dapat kita telaah terhadap suatu daerah yang sudah dijangkau oleh teknologi komunikasi modern maka sudah bisa dipastikan bahwa pola komunikasi dan kebiasaan masyarakatnya akan berbeda. Lalu bagaimana sebenarnya pola komunikasi menggunakan Computer Mediated Communication itu sendiri?

Ada beberapa medium yang dapat digunakan ketika kita merambah komunikasi dengan Computer Mediated Communication.

  • Mail

Fasilitas Email yang tersedia dijaringan internet mungkin menjadi alat komunikasi yang cukup populer dan kredibel untuk saat ini.  Secara etimologi Email merupakan alat pertukaran teks antara dua orang atau lebih. Hal demikian berbeda dengan surat, email terkirim dalam hitungan detik dan terdiri dari berbagai fasilitas penunjang yang dapat digunakan oleh user. Fasilitas email tidak hanya berupa teks namun dapat berupa gambar atau file dalam bentuk lain seperti PDF, JPEG, Word bahkan Audio Video juga dapat dikirim via email.

Dalam dunia komunikasi antarpersonal, e-mail sangat penting karena sudah menunjang fasilitas lengkap bukan hanya sebagai alat komunikasi saja namun lebih dari itu.  Misalnya saja sebagai alat untuk verifikasi atau syarat bergabung terhadap media online lainnya. Blogger adalah salah satu media online yang banyak diminati dan untuk bergabung dengan blogger harus menggunakan email.

  • Bulleting Board System

Suatu layanan komputer yang bisa diakses dengan komputer jaringan, biasanya dikelola oleh suatu perusahaan atau distributor yang menggunakan komunikasi komputer dua arah, untuk merekam data dan fungsi-fungsi atau program-program untuk keperluan tanya jawab dan akses informasi serta untuk menerima dan menyebarluaskan atensi perusahaan.  Di Indonesia, Bulleting Board System sudah digunakan sejak tahun 1980 –an. Layanan Bulletin Board System bisa didapatkan dibeberapa situs seperti Yahoo.com dan Google.com.

  • Internet Relay Chat

Berbeda dengan E-mail dan News Group, Internet Relay Chat  adalah chat antara dua orang atau lebih yang terjadi pada waktu yang sama. Pada dasarnya masih relatif sama, namun pada IRC bergantung pada kekuatan server DALnet nya yang saat ini masuk dalam kategori server tujuh besar di dunia internet.  Untuk melalukan koneksi ke server DALnet memerlukan IRC Client. Ada beberapa macam IRC Client yang tersedia di internet yang bisa didownload dan dipakai secara gratis.

  • Multyuser Domain (MUD)

Internet juga memiliki bentuk permainan interaktif multyplayer yang memungkinkan user memerankan peran fantasi dan mengeksploitasinya dengan orang lain.  Jenis permainan yang paling populer adalah Multyuser Domain atau yang sering disebut Multyuser Dungeon. Jika ditelaah permainan ini memiliki sedikit persamaan dengan chat , dalam hal penggunaan identitas dan hubungan dengan para user didunia maya.

 

Persamaan yang paling mendasar antara MUD dengan Chat adalah keduanya memposisikan user sebagai siapapun didunia maya termasuk mengubah identitas dan mengubah gender. Beberapa MUD dilengkapi bot atau program yang dirancang untuk memungkinkan agar para user bisa berkomunikasi satu sama lain pada waktu bersamaan , termasuk chatting. Program chatting yang paling canggih adalah Chatterbox.

 

  • World Wide Web

Salah satu dari bentuk Computer Mediated Communication ini yang sering disebut sebagai WEB. Web itu sendiri memiliki tingkat interaktivitas seperti halnya e-mail, chat, BBS dan MUD. Menurut Riswandi (2006) dalam  Modul  “Komunikasi Media Internet”, dua orang peneliti, Louise Ha dan James Lincoln mengatakan bahwa interaktivitas pada wordl wide web memiliki lima dimensi penting sebagai berikut ;

  1. Daya hibur dan kuis yang dapat diikuti partisipan,
  2. Pilihan, memberikan alternatif-alternatif pada para pengguna, termasuk alternatif untuk mengakhiri komunikasi setiap saat.
  3. Daya sambung, memberikan sebuah situs yang lengkap yang melibatkan pengguna (daya sambung ini juga dapat tercipta melalui kunjungan berulang ke situs yang ada)
  4. Koleksi informasi, kumpulan demografi, psikografis pengguna, dan kadang-kadang karakteristik personal oleh website ( pengguna dapat mengintrolnya dengan tidak memberikan informasi atau dengan memblokir pemakaian cookies, yaitu informamsi yang dapat dikumpulkan dari para pengguna komputer ketika mereka mengakses situs).
  5. Komunikasi timbal balik (komunikasi dua arah), disediakan pada berbagai website oleh e-mail, mail-tos, yang didalamnya para pengunjung situs dapat memasukan data dan sebagainya.

 

Yanuar Dwi Istanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *